Monday, July 28, 2008

Biduran

Biduran atau urticaria merupakan gangguan kulit karena alergi , dengan gejala bercak – bercak berwarna merah yang lebih tinggi dari permukaan kulit disekitarnya , dengan batas jelas , tidak teratur dan sangat gatal .

Penyebab biduran di duga ada bermacam – macam diantaranya
adalah :

* Trauma fisik yang diakibatkan karena suhu dingin seperti pada musim hujan , tetapi dapat juga akibat suhu tinggi karena terik matahari .
* Inhalan berupa bulu binatang , serbuk sari bunga , wangi – wangian , debu dan spora jamur
* Obat – obatan seperti penisilin , kina , sulfonamid , salisilat , hormon , diuretik , dan lain – lain
* Makanan berprotein seperti telur , ikan , udang , kacang – kacangan atau bahan – bahan yang dicampurkan kedalamnya seperti zat warna , penyedap rasa atau bahan pengawet .
* Gigitan serangga seperti nyamuk , kutu dan serangga lainnya .
* Infeksi dan investasi seperti infeksi bakteri , ineksi virus , infeksi jamur dan investasi parasit seperti cacing.
* Gangguan emosi dan gangguan hormonal .
* Beberapa penyakit seperti hipertiroid , hepatitis , limfoma , arthritis pada demam rheumatik dan sebagainya .

Timbulnya biduran akibat alergi dingin diakibatkan oleh mekanisme pertahanan tubuh yang bereaksi secara berlebihan mengeluarkan histamin , suatu senyawa kimia yang menyebabkan timbulnya gejala dengan keluhan subyektif gatal , rasa terbakar atau tertusuk . Pada kulit tampak bercak kemerahan dan bengkak ( edema ) setempat , berbatas tegas dan terkadang bagian tengah tampak lebih pucat . Bentuknya dapat papular tapi bisa juga melebar berbentuk plakat .


Bagi mereka yang alergi dingin seperti di saat musim hujan ini , upaya yang dapat dillakukan untuk mengatasinya adalah :

1. Untuk mengurangi rasa gatal pada kulit , oleskan bedak dingin / lotion yang mengandung calamine dan anti histamin .
2. Istirahat yang cukup
3. Bila perlu minum antihistamin ( obat anti alergi ) yang tidak menimbulkan rasa kantuk atau memiliki efek sedatif minimal.
4. Bila gejala menetap disertai sesak nafas segera hubungi dokter .

From : galenium.com

1 comment:

Sayi said...

Aku punya alergi terhdap dingin dan debu. Kalau udah kumat rasanya ga tahan, gatel banget. Biasanya yang aku lakukan adalah memakai baju bersih, juga membaluri dengan minyak kayu putih.
Jika tetep masih gatal tak tertahankan, maka baru aku minum Incidal. Setelah itu, sejam kemudian semua bentol biduran berangsur sembuh. Repot juga punya alergi kayak gini..terutama jika datang musim hujan. :)